Advertisement

Cara Membuat Pancake Standar

Advertisement

Cara membuat pancake karena pancake memanglah pas banget untuk menu sarapan meskipun sesungguhnya saya juga kerap buat pancake bikin makan siang, makan malam, menu dessert, apalagi menu camilan. Pokoknya pancake itu memanglah makanan yang sesungguhnya tidak kenal waktu, di makan setiap saat terus enak serta mengenyangkan tentunya.

Cara membuat pancake kata orang gampang-gampang sulit. Ada yang pancakenya tidak mengembang, tidak berentuk bulat, hancur pada saat dibalik, gosong, atau apalagi memiliki bentuk bagus namun terasa tidak enak. Namun sesungguhnya bila kita telah punya resep yang cocok serta langkah memasak yang benar, membuat pancake itu gampang sekali.

Ini saya berikanlah cara membuat pancake standar, kok saya katakan standar? Dikarenakan resep pancake itu masih banyak. Ini yaitu resep pancake yang sangat standar, kelak apabila anda sukses bikin yang ini saya berikan resep pancake yang lain dapat segera menyusul. Silakan belajar bikin pancake sendiri di rumah, bila gagal di percobaan pertama janganlah kapok untuk coba lagi.

Bahan Pancake:
- 200 gram tepung terigu protein sedang
- 225 ml susu cair
- 25 gram mentega tawar, lelehkan
- 2 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok makan gula pasir halus
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok teh baking powder
- Pan / Wajan datar anti lengket

Cara membuat pancake yang benar

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, serta baking powder. Aduk hingga rata.
  2. Tuangkan campuran telur dan susu cair. Aduk hingga adonan tercampur rata serta lembut menggunakan spatula bisa juga dengan pengocok tangan. Berikan mentega cair secukupnya, aduk kembali hingga rata. Diamkan adonan kira-kira 5 menit.
  3. Panaskan pan atau wajan menggunakan api yang sedang. Tuang kira-kira 1 hingga 2 sendok sayur adonan pancake ke dalam wajan datar yang anti lengket selama 2 hingga 5 menit, sampai kemudian pancake sudah kita lihat mengembang atau sampai bagian bawahnya berkulit kecokelatan. Balik pancake hingga sisi satunya juga berkulit kecokelatan. Angkat dan biarkan dingin.
  4. Sajikan pancake beserta butter, taburan gula halus, cokelat cair, selai atau berbagai buah sesuai selera anda. Bisa juga ditambahkan es krim vanila.


Cara membuat pancake perhatikan info berikut

Jika anda mau struktur pancake yang tidak tipis, tuangkan lebih banyak adonan pancake ke didalam pan. Namun jangan sampai terlampau banyak, kalau tidak akan jadi terlalu tebal. Bisa juga malah menjadi martabak manis. Memasak pancake janganlah di bolak-balik, cukup di balik sekali. Saat memasak pancake intip sedikit sisi bawahnya telah berwarna cokelat belum, apabila telah tampak kecokelatan baru balik pancakenya. Jika belum berwarna cokelat diamkan dulu sesaat. Pan / wajan untuk memasak pancake juga punya peran penting. Yakinkan wajan anda benar anti lengket atau adonan pancake dapat lengket saat di masak. Dikarenakan kita memasak pancake tanpa minyak / margarin, berikan minyak / margarin jadi dapat bikin pancake cepat gosong tidak berwarna kecokelatan yang cantik. Sisa adonan pancake yang tidak terpakai dapat di simpan didalam kulkas selama satu malam. Terlebih hasil pancake dari adonan yang telah dimasukkan ke didalam kulkas umumnya lebih mengembang. Jangan menyerah apabila pancake anda gagal, latihan dapat menjadikan anda lebih pandai bikin pancake yang sempurna. Yakin saja, sebelum menemukan cara membuat pancake saya juga banyak gagal selalu mengembang, kempis seperti crepes.
Advertisement
Perlu Anda Baca Juga:
CaraMembuatO is proudly powered by Blogger.com - Ngasense Template Designed by AnuKom Blog.