Advertisement

Cara Membuat Kimchi Asli Korea

Advertisement

Sebelum meluncur ke dalam cara membuat kimchi, kita harus tahu lebih dulu bahwa kimchi merupakan salah satu kuliner khas tradisional korea berbentuk asinan sayur yang di fermentasi bersama bumbu pedas. Umumnya kimchi dikonsumsi pada waktu musim dingin oleh rakyat korea, karena rasa kimchi yang asam, pedas, serta manis membuat kimchi jadi makanan favorit yang banyak digemari oleh banyak orang di dunia. Di samping itu kimchi juga dapat jadikan sebagai sebagai bumbu untuk memasak sup kimchi, nasi goreng kimchi serta beragam tipe masakan yang lain.

Untuk memasak kimchi, bagi anda yang penasaran untuk mencoba bagaimana rasanya kuliner khas korea ini anda tentunya bisa membaca cara membuat kimchi yang benar untuk merasakan kelezatannya yang luar biasa. Mulai dari memperhatikan bahan-bahan yang digunakan serta cara membuat kimchi berikut ini.

Cara membuat kimchi dengan bahan sebagai berikut

Bahan-bahan :
- 3 bh sawi putih
- 3 bh wortel yang dipotong seperti korek api
- 1 bh lobak yang telah kupas serta dipotong korek api
- 7 btg daun bawang juga dipotong korek api
- 250 gr garam untuk menggarami sawi

Bahan Pasta Kimchi :
- 65 gr tepung beras
- 750 ml air
- 300 gr cabai bubuk Korea
- 250 ml saus atau kecap ikan
- 125 gr gula pasir
- 1 butir bawang bombay berukuran besar yang dicincang halus
- 70 gr bawang putih yang dihaluskan
- 1 sdm jahe cincang halus

Cara membuat kimchi

  1. Bersihkan sawi terlebih dulu pada seluruh sisi serta daunnya sampai bersih, lantas ambillah genggam garam dapur, buka lembaran daun sawi satu persatu serta taburkan garam di antara sela-sela sawi sampai merata. Yakinkan seluruh lembaran sawi terkena garam serta berikanlah porsi garam yang semakin banyak pada pangkal batang sawi yang keras.
  2. Siapkan buah baskom besar yang tidak beraksi dengan garam, lantas tata sawi yang sudah digarami terlebih dulu ke didalam baskom plastik, lantas biarlah sepanjang 2 jam.
  3. Sesudah dilewatkan sepanjang 2 jam, sawi dapat berkurang bobotnya serta baskom dapat terbentuk genangan air yang banyak.
  4. Sesudah 2 jam. Bersihkan bersih tiap-tiap sawi dibawah air yang mengalir sampai garam betul-betul hilang, serta cucilah berulang-ulang sampai 3 kali supaya sawi bersih dengan garam.
  5. Sesudah kimchi dicuci bersih dengan air, diamkan sebentar serta waktunya untuk bikin pasta kimchi.
  6. Siapkan panci, lantas masukkan tepung beras serta air, lantas aduk-aduk sampai tepung beras larut serta adonan mengental. Saat nampak letupan pertama, segera matikan kompor, lantas imbuhkan gula pasir serta aduk sampai gula larut. Biarlah bubur tepung dingin.
  7. Sesudah itu siapkan baskom besar, tuang bubur tepung beras ke dalamnya, lantas imbuhkan cabai bubuk, lantas aduk rata gunakan spatula. Imbuhkan kecap ikan, jahe, bawang bombay, bawang putih, lantas aduk sampai rata.
  8. Masukkan daun bawang, lobak serta wortel, lantas aduk sampai rata.
  9. Gunakanlah sarung tangan plastik yang bersih supaya terhindar dari iritasi waktu membumbui sawi dengan pasta pedas. ambillah buah sawi, pegang dengan tangan kiri, tempatkan diatas mangkok yang diisi pasta, dengan tangan kanan buka lembaran-lembaran sawi serta oleskan pasta pada tiap-tiap lembarannya. Yakinkan seluruh helai daun rata serta terkena pasta.
  10. Sesudah itu masukkan sawi yang sudah dibumbui ke didalam toples besar. Jauhi isi toples terlampau penuh, dikarenakan kimchi dapat mengeluarkan air yang banyak. tutup toples rapat-rapat serta biarlah sepanjang 2 hari supaya berlangsung sistem fermentasi.
  11. Sesudah itu kimchi siap untuk dihidangkan.
Hanya itu cara membuat kimchi yang bisa saya persembahkan untuk anda siapa tahu bisa bermanfaat dan anda serta keluarga bisa mencoba hidangan yang enak dan lezat dari korea tanpa harus membelinya.
Advertisement
Perlu Anda Baca Juga:
CaraMembuatO is proudly powered by Blogger.com - Ngasense Template Designed by AnuKom Blog.