Advertisement

Cara Membuat Daftar Isi

Advertisement

Barangkali tutorial langkah sederhana cara membuat daftar isi di ms word ini merupakan trik yang anda cari, terlebih untuk anda yang tengah bikin karya tulis ilmiah skripsi, proposal maupun makalah. Ada dua langkah yang bisa kita pakai untuk membuatnya, walau demikian saya lebih senang memakai langkah manual namun lebih praktis serta gampang untuk diaplikasikan.

Cara membuat daftar isi dengan mudah

Untuk menyingkat waktu kita segera saja mempratekkan cara membuat daftar isi ini, saya dapat mengilustrasikannya ke dalam berbagai poin yang disertai gambar.

Cara membuat daftar isi disertai gambar

a. Buka lembar baru pada Ms Word - tulis dengan judul "Daftar isi" (anda bisa mengatur menjadi rata tengah serta mengatur besar hurufnya) - enter - pada baris baru tulis semua item yang menjadi bagian dari daftar isi contohnya "Kata pengantar, Pendahuluan, Bab" dan subnya bila memang ada, seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Daftar Isi 1

b. Block semua item daftar isi tersebut, kemudian klik kanan - pilih Paragraph - pilih Tabs (letaknya : dipojok kiri bawah), maka akan terbuka halaman pengaturan seperti berikut ini :
Pengaturan Tab
  • Pada Tab stop position ketik angka 6 (dapat disesuaikan sendiri), ini sesuai dengan pilihan kertas ukuran A4.
  • Default tab stops : isikan angka 2 (dua).
  • Alignment : pilih left sesuai dengan gambar.
  • Leader : pilih simbol titik-titik yaitu nomor 2.
  • Klik set.
  • Pilih OK.

Setelah itu, tempatkan kursor mouse pada akhir item-item daftar isi serta tekan keyboard tab lantas ketikkan nomer halamannya demikianlah juga selanjutnya. Lantas bagaimana langkah mengatur sub daftar isi supaya tampak lebih menjorok ke didalam? Anda tinggal memblok sub-sub tersebut serta geser ke kanan memakai first line indent layaknya gambar di bawah ini :
Mengatur Daftar Isi

Begitu saja bagaimana cara membuat daftar isi yang memang tergolong mudah dan ini adalah salah satu tips mudah untuk anda dan bisa langsung anda praktekkan tanpa ribet.
Advertisement
Perlu Anda Baca Juga:
CaraMembuatO is proudly powered by Blogger.com - Ngasense Template Designed by AnuKom Blog.